Tentangku

Site ini berisi kumpulan teori dan analisis statistik mutakhir. Fokus utama pada penerapan statistik. Namun, penerapan tanpa didasari teori statistika yang baik juga kurang tepat. Sebab, statistik hanya alat. Pengguna alat harus tahu kapan dan di mana menggunakan alat itu.

Fokus utama kajian pada analisis multivariat. Multivariat menganalisis variabel yang saling terkait. Fenomena yang kita hadapi hampir tidak ada yang berdiri sendiri. Bentuk analisis multivariat banyak sekali. Diantaranya, multivariat regresi, analisis komponen utama, analisis faktor, pengelompokkan, konjoin dan lain-lain.

Penulis lulusan Sekolah Tinggi Ilmu Statistik Jakarta pada akhir tahun 2001. Tahun 2006, penulis mendapat tugas belajar dari BPS ke ITS, Surabaya tuk mengambil program pasca sarjana statistika. Tugas belajar dapat diselesaikan pada tahun 2008 dengan Tesis bertema analisis diskriminan robust dengan menggunakan penaksir Minimum Covariance Determinant dan The Minimum Weighted Covariance Determinant.

Syukur Alhamdulillah, bulan Maret tahun 2008 bersama 21 teman BPS-ITS Angkatan I kami diwisuda di Kampus kami tercinta, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

Kepada DR. M. Mashuri dan Ibu Ekaria, M.Si selaku pembimbing, penulis haturkan terima kasih. Kepada seluruh civitas akademika ITS program magister statistika juga tidak luput dari ucapan terima kasih.

Sebagai bagian dari tridarma perguruan tinggi, blog ini dipersembahkan bagi siapapun yang dapat memanfaatkan informasi yang disajikan.

Semoga bermanfaat.

Β 

142 Comments

  1. Selamat malam pak saya Mardiani, untuk kasus para pengguna narkoba bagaimana cara menganalisis datab survivalnya ya pak. demikian terimakasih

  2. Salam kenal pak, tanpa sengaja sy nemu blog bapak. sy Junaidi, mencoba mengambil penelitian ttg kemiskinan dg unit analisis rumah tangga. rencana data yang saya pakai adalah susenas, cuma ada beberapa pertanyaan yang masih belum paham, mhon pencerahan bapak.

    1. metode sampling susenas itu seperti apa y?sy sempat baca katanya strata 3 tahap. misalkan dalam data susenas sampel rumah tangga sebanyak 10rb. boleh tidak dalam penelitian, saya tarik sampel lagi. atau sy harus menggunakan seluruh sampel data susenas tadi 10rb?

    2. jika sy menggunakan data susenas jatim tahun 2013 boleh tidak sy mix dengan data podes?? apakah sampel rumah tangga di susenas sama persis dengan sampel rumah tangga di data podes?dalam artian rumah tangga yg diambil untuk sampel kedua data tersebut sama persis?

    3. maaf bapak gmn cara menentukan RT miskin atau tidak miskin dari raw data susenas??dilihat darimana pak..apakah harus dibagi dg garis kemiskinan desa kotanya.. jika memang demikian dilakukan dengan manual ya.rencana kemiskinan sebagai varabel endogenya.

    4. oh ya pak, sy denger untuk dapat data susenas yang berupa raw data harus beli itu kira2 berapa ya.. mgkn per kb nya…

    mgkn itu ibu beberapa pertanyaan, mhn pencerahannya…

    makasih makasih banyak..
    besar harapan saya untuk dibalas ke email : amazing.zorro1899@gmail.com atau awimpi@yahoo.com

  3. Assalamualaikum
    Pak saya mau tanya cara menghitung biaya kesehatan yang terdapat di modul konsumsi susenas blok IV.A point 269-284 dengan menggunakan weind. saya sudah punya raw data dari bps. terima kasih

    1. Terima kasih emailnya sudah saya terima, dan sudah saya kirim tampilan yang saya perlukan.

      Wassalamualaikum Wrwb

  4. Pak Surya tolong pencerahannya tentang Generalized Enthropy dunk… GE(1) untuk indeks theil dan GE (0) untuk Indeks-L, bagaimana interpretasinya dan aplikasi DAD nya… Thank…
    Roy Banjarmasin….

    1. Menganalisis GE(1) dan GE(0) untuk satu titik waktu tidak akan memberikan makna yang banyak. Untuk itu, GE(1) dan GE(0) sebaiknya disajikan series sehingga bisa diambil kesimpulan, Jika GE(1) semakin bertambah seiring pertambahan waktu bisa dimaknai ketimpangan pada kelompok pengeluaran “atas” semakin buruk. Sebaliknya jika GE(0) yang semakin besar, berarti ketimpangan pengeluaran di antara kelompok bawah semakin memburuk.

  5. selamat sore pak… sya mau tanya, skripsi saya memakai Hotelling t2 dengan mean dan kovarian, saya akan bandingkan dengan menggunakan statistik robust, mean diganti dengan median, kovarian diganti dengan MAD, yang saya tanyakan bagaimana mencari mendapatkan MAD untuk data multivariat?

  6. Assalamu’alaikum..
    salam kenal..
    bisakah saya mendapat referensi mengenai response surface methodology?
    saya sangat membutuhkan untuk analisis data tesis
    terima kasih sekali atas jawabannya

  7. Subhanallah Pak, hatur nuhun atas sharing ilmu statistika terapannya. Saya Irma, mhs pasca pemuliaan ternak dan genetika. Saya lihat genetika adalah wajah lain statistika. Dengan adanya blog ini saya terbantu sekali memahami keduanya. Oiya Pak, jika diizinkan mohon waktu dan kesempatannya untuk berdiskusi via email.

    Salam

    Irma
    irma_fapetipb@yahoo.co.id

  8. Maaf sebelumnya… Suryana AIS/STIS angkatan 38 bukan? Terima kasih….

    Salam PIA

    Mariyah Khifdiyah
    STIS Angkatan 38

  9. pak..
    saya lagi butuh banget buku tentang konjoin, sedangkan yang saya dapatkan hanya lah buku yang hanya sekilas saja membahas analisis itu..
    sedangkan saya melihat buku seperti buku malhotra, dalam bahasa inggris.

    bisa kah bapak tolong saya untuk menginformasikan buku-buku apa saja yang bisa saya pakai untuk analisis tersebut karna saya sedang memakai analisis itu dalam tugas akhir saya.

    trimakasih

    1. ada beberapa buku. salah satu yang menurut saya paling lengkap dan mudah dipahami adalah buku ANALISIS DATA MULTIVARIAT karangan Profesor Gudono diterbitkan oleh BPFE

  10. Pak, saya ingin bertanya. software apa yang dapat digunakan untuk mencari penduga MCD. karena saya mencoba menggunakan matlab 2008 dan 2009 tetapi tidak ada function untuk menduga MCD. terimakasih..

    saya harap bapak membalas pertanyaan saya,

  11. Saya alumni ekonomi manajemen universitas lampung th 96, praktisi olah data statistik yg telah berkecimpung di bidang ini sejak tahun 1999. Sejak tahun 1999 saya melakukan penelitian thd model analisis multivariat regresi dan telah berhasil menemukan rahasia formula hingga tak terhingga th 2006. Namun msh terdapat kekurangan, khususnya pada asumsi multikolinieritas dg uji Variance Inflation Factor. Rumus dasarnya sdh saya ketahui namun saya kesulitan mengembangkannya untuk 3 variabel ke atas. Saya sdh coba menggunakan metode matrix namun blum jg membuahkan hasil. Mohon diberi petunjuk bagaimana memecahkan formula tersebut, terima kasih.

    1. logika dasarnya bisa dicari di buku Stevens (Applied Multivar Statistics) atau coba dicek di buku Prof. Gudono (Analisis Data Multivariat) terbitan BPFE.

  12. assalamu’alaikum…. perkenalkan saya ari, saya ada di surabaya. saya bingung sekali dengan statistik penelitian saya. saya ingin belajar lebih banyak dengan bapak…apabila bapak bersedia mohon dibalas ke email saya, lusi_1601@yahoo.co.id
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  13. kang, cara proyeksi angkatan kerja pakai sakernas, dan proyeksi penduduk 5 tahun ke depan, bagusnya pakai apa? Data tersedia tk kab hanya 4 tahun. 2007 – 2010. Trims…

  14. Ass wr wb.
    Gimana kabarnya Suryana & keluarga? Semoga selalu diberikan kemudahan dan keberkahan dalam hidup, amin.
    Lagi iseng-iseng nyari info lengkap mengenai Indeks Gini, eh…. ketemu blok ini,ternyata……Suryana Tea. Setelah dapet dr blog ini, sy download, dan terus buka-buka blog ini, ternyata….subhanalloh…. Allohuakbra….alhamdulilah, bagus, cukup userfriendly, sangat bermanfaat, inspiratif, dan yang paling salut adalah bernilai ibadah, Amin. Sy hampir netesin air mata, trus sedikit berkhayal…jika sy punya & ilmu seperti Suryana…sy akan lebih berbuat minimal seperti yang Suryana lakukan (bermanfaat bagi orang lain), karena sy merasa belum bermanfaat bagi orang lain. Sur, sy alhamdulilah baru lulus ambil S-2 sekitar 6 bulan yang lalu dengan ambil jurusan Statistika Terapan, ternyata setelah sy baca blog ini,…..sy harus banyak belajar. Terakhir…sukses selalu…terus jadi orang yang bermanfaat bagi orang banyak, Allah pasti memberikan yang terbaik buat Suryana dan keluarga, dan yang paling kita harapkan semua adalah Allah Mencintai kita. Amin.

    1. Ass wr wb.
      Hehehe…. Idem sama kang Ujel, gw lagi nyari bahan buat nggambar kurva lorenz eh ketemu blog ini. Firasat sih, kayaknya ni suryana nyang entu eh ternyata betul πŸ™‚ Udah agak tercerahkan nih (walopun ga sampe menitikkan airmata seperti kang ujel πŸ˜› ) tapi kok masih bingung ya… Penjelasannya ga sama kayak di kolom2 excelnya. Bisa minta kirim lagi ke email gw ga ya, Sur? (Pleeeeeaaaaseee…) It’s my email adress : zalsabila09@yahoo.com. Teng kyu syooo machhhh… πŸ™‚ (Maaf, telah mengganggu waktu bapak ya)

  15. assalamualaykum, salam kenal saya ulfa meida nurmaya, dari S1 Statistika ITS πŸ™‚

    saya mau tanya mas, sebenarnya apa pentingnya analisis multivariate kalau dilihat dari sisi penerapannya?
    terimakasih

  16. Assalamualaikum..
    Perkenalkan saya Nori angkatan 49 STIS. Sekarang Alhamdulillah udah tingkat 4.. Saya mau tanya mas. Apakah ada metode analisis yang namanya analisis profil? kalau ada, mohon penjelasannya mas.. πŸ™‚ πŸ™‚ terima kasih

  17. Assalamualaikum. Salam kenal. Saya mo tanya ama mas sryana. Saya sedang melakukan penelitian tentang penenuan batas optimum strata. Ada dat yang cocok nggsk? kira2 apa yach? mohon penjelasnnya. Makasih banyak mas! ditunggu copy baliknya.

  18. Assalamualaykum wr wb,

    salam kenal mas Suryana, saya juga dari STIS angkatan 47 dari jurusan komputasi statistik, senang sekali akhirnya bisa bertemu dengan mas Surya. Mohon izin mempelajari tulisan-tulisannya ya mas, karena alhamdulillah benar-benar mambantu dalam pengembangan pengetahuan disela-sela padatnya pekerjaan.
    O ya mas, saya juga lagi merintis menulis di blog tapi isinya ya campur-campur. Kalo sempat berkunjung mohon dikasih saran ya mas.
    Terimakasih,,

  19. Ass.wr.wb
    Saya mahasiswa pendidikan matematika sedang belajar mengenai statistika multivariat. Mungkin Bapak bisa menolong saya untuk memberi penjelasan mengenai distribusi Wishart dan distribusi U, karena saya tak bisa menemukan fungsi densitasnya
    terimakasih

    1. Waalaikum salam wr.wb.waridwanuh.
      Pertama, terima kasih tuk kunjungannya. Pembahasan dan Penurunan Distribusi Wishart dapat dibaca di Buku Multivariat Teori Karangan Anderson. Buku ini sempat saya baca di perpustakaan ITS.

  20. Assalamu’alaikum warohmatullahiwabarokatuh …
    Pak, saya mw minta bantuan untuk mendapatkan refrensi tentang statistik order tapi menggunakan peubah acak yg diskrit, soalnya di buku statistika matematika yg dibahas selalu peubah acak kontinu, trima kasih banyak untuk bantuan yg bapak berikan .. tuk semua salam kenal silahkan mampir di personal blog saya izar-zone.co.cc [bukan skdr iklan loh.. tp lebih kepada menjalin ukhuwah ^^v]

  21. salam knal mas,,
    sya mau minta tolong d kirimkan rumus2 dari:
    1.rentang data
    2.rata2 harmonis
    3.standar deviasi
    4.rata2 ukur
    5.rata2 hitung tertimbang
    6.simpangan rat2
    7.simpangan baku
    8.kuartil,desil dan persentil
    9.ragam

  22. assalamualaikum pak suryana…mf pak klo blh saya tau apakah ada statistik dalam bidang kesehatan..? trus dlm statistik metode2 apa sj yg sering di pake…dan minta jelaskn juga ttg keunggulan dan kelemahan msng2 metode yg dipake…terima kasih sebelmnya pak….

  23. salam kenal pak…
    saya fitri… saya mu tanya tentang regresi logistik.. bapak punya bahannya nggak? kalau ad saya bleh minta ndak paak… dan kirimkan ke email saya in alamatnya f3_mukti@yahoo.com
    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih…

  24. Dear Pak Suryana,

    Saya Ani, saat ini sedang mempertimbangkan beberapa hal utk melanjutkan studi (S2) di bidang statistik. FYI, saat ini saya bekerja di NGO dan berminat untuk menekuni bidang M&E (monitoring & evaluation). Sedangkan, background study saya bukan di bidang statistik tp saya sering bekerja (dan enjoy) sbg data analysist. Saat ini, saya butuh 2nd opinion ttg bedanya S2 statistik dengan statistik terapan, dan kira2 mana yg lebih cocok/bermanfaat utk pekerjaan saya nantinya?

    Terima kasih.

  25. salam kenal pak suryana, nama saya edo dan sedang belajar tentang regresi komponen utama. mau tanya nih pak, klo skor komponen utama itu gimana cara mendapatkan secara manualnya ya? kan kalo di software biasanya langsung keluar nilai skor tersebut,,
    terima kasih pak suryana..

  26. Salam kenal Pak..
    Saya Lina, staf pengajar FKM UAD Jogja. Saat ini sy sdg studi di UTM Mly. Saya merasa lemah dlm bidang statistika, padahal hal ini sgt sy perlukan utk penyusunan tesis, mengingat first examiner sy ahli di bdg ini. Kl boleh sy di add di FB atau YM bpk agar sy dpt berkonsultasi ttg statistik. Sebelumnya beribu terima kasih tuk Bpk.
    Note: FB sy: Lina Sutikno

  27. ass bpk..
    salam kenal pak suryana

    saya fidah..saya mu tanya tentang regresi multilevel..bapak punya referensinya ngga?saya bleh minta paak..saya bingung tentang estimasinya…kira2 pake apa ya pak, cos yang saya tau cara nya banyak,,kira yang baik yang mana??makasih pak..

  28. Iya..saya juga salut ama pa Suryana. SEMOGA BLOKnya akan tetap aktif. Jadi bisa gabung. Semoga Pa Suryana masih ingat…LILIS teman kelasnya mba ALIA.

  29. @mas Heri: Wah hebat nyari thesis sampe kesini.. sekalian minta satu πŸ˜€
    @kang suryana: maaf kang numpang ribut.. maklum saya sama mas heri sekelas. Kang suryana mudah2an masih inget saya.. kalo boleh nanti mau nanya2 juga. Kunjungi web saya kang:
    komputasi statistik

  30. My name is Piter Jankovich. oOnly want to tell, that your blog is really cool
    And want to ask you: is this blog your hobby?
    P.S. Sorry for my bad english

  31. Hallo mas suryana, salam kenal.
    Saya generasi ke-4 kerjasama S2 BPS-ITS, saat ini jurusannya agak beda sedikit…agak ke komputasi begitu, jd komputasi statitik. Tp proporsi statistiknya masih dominan.

    Maaf sebelumnya mas, saya sudah membaca thesis sampeyan…ada ide lain untuk bahan thesis saya….rencana mau pake NN.
    Thank’s

  32. salam kenal:

    Mohon bantuan terhadap kesulitan – kesulitas dalam pengerjaan smart-pls
    1. cara untuk membuat second order cfa
    2. cara memindahkan output pls ke excel atau word

    terima kasih sebelumnya

  33. asalamualaikum,,,
    saya mw nanya masalah konjoin tapi rumus-rumus konjoin yang belum k aplikasi dan pengertian konjoin secara umum apa y?

    analisis konjoin definisi sebenernya apa?

    saya butuh konjoin secara matematisnya belum k aplikasi,,,makasi banyak,,,

    1. Secara matematis, metode konjoin termasuk dalam kategori model linear. Karenanya penurunan estimasi parameternya bisa mengikuti metode estimasi model regresi biasa. Analisis konjoin lebih tepatnya analisis preferensi konsumen terhadap sejumlah atribut produk yang ditawarkan.

  34. pak, boleh minta bantuanya?
    kira2 topik multivariat apa yang bagus yang terupdate untuk di jadikan tugas akhir?selain jurnal dan buku refrensi yang bagus apa?
    trimakasih

  35. Assalamu alaikum Pak…..
    Apa kabar? semoga selalu sehat ya pak…hehe

    Mo nanya lagi nih….(dasar ya, kalo ada perlu aja baru nongol…hehehe)
    Kebetulan sekarang saya ngajar statistik pertanian….kemarin itu ada mahasiswa yang nanya tentang ubinan…..
    Bisa minta tolong dijelaskan pak tentang ubinan? kayaknya saya sering dengar teman2 dari BPS membahas masalah ini, ada referensinya ga pak? thank sebelumnya

    1. Waalaikum salam Alia. Kabar Saya baik, trims tuk doanya.

      Ubinan merupakan metode pengukuran produktivitas hasil pertanian tanaman pangan (padi dan palawija). Ubinan dilakukan pada saat musim panen secara sampel dengan pendekatan rumah tangga. Pencacah dibekali tata cara ubinan dengan membawa alat ubinan berukuran 2,5 m x 2,5 m. Semua tanaman padi yang berada di kota tersebut akan dipotong dan ditimbang berat gabahnya. Untuk penjelasan lengakapnya, Saya khan kirimkan Alia buku pedoman pengmpulan dan pengolahan Data Tanaman Pangan yang Diterbitkan oleh BPS bekerjasama dengan departemen Pertanian Tahun 2007 melalui email. Semoga Bermanfaat.

  36. salam kenal pak….
    vn mw nanya backward elimination it apa ya??
    sya dpt tugas ttg itu…
    tp blm nemu referensinya….
    bisa minta bantuannya pak??
    terimakasih pak….

  37. salam kenal pak, numpang tanya ya…

    Misalnya ada urutan data sebagai berikut:
    4, 4, 6, 7, 9

    Saya ingin mengelompokkan data2 tsb ke dalam kategori nilai besar dan kecil, maka saya ambil nilai mediannya untuk mengkategorikan data2 tsb.

    Nilai median sudah jelas 6, shg…
    yang masuk ke dlm kategori nilai kecil adalah = 4 dan 4
    yang masuk ke dlm kategori nilai besar adalah = 7 dan 9

    Nah angka 6 saya masukkan ke dalam golongan kategori yang kecil atau besar?

  38. Assalamualaikum..
    Pak suryana,salam kenal..saya tertarik dengan bahasan Pak sur 25 sept 2008 mengenai Metode S-Estimator,M-Estimator dkk. sebenarnya apa c kelebihan mereka sehingga mereka di pilih untuk mengatasi pencilan tanpa mentransformasi data??
    terima kasih sebelumnya..
    mohon bantuannya pak…
    Wassalam

  39. I found this site using [url=http://google.com]google.com[/url] And i want to thank you for your work. You have done really very good site. Great work, great site! Thank you!

    Sorry for offtopic

  40. Assalamu’alaikum Pak. saya Itsna nahasiswa tu-bel juga di ITS. Mohon bantuan Bapak,jika saya ingin meneliti faktor yang mempengaruhi keputusan pemerintah dalam menentukan besarnya anggaran yang digunakan dalam penyelenggaraan bangunan gedung di masing2 instansi, analisis apa yang dapat saya pakai? jika saya menggunakan analisis faktor, metode apa yang tepat dan langkah2nya seperti apa? mohon Bapak dpat membantu saya. jawaban Bapak Saya tunggu secepatnya. terima Kasih.

  41. assalamu’alaikum. Saya Itsna.Mahasiswa tu-bel juga di ITS kerjasama PU sedang menyusun tgs akhir. untuk tgs akhir saya imgin meneliti faktor yang mempengaruhi keputusan pemerintah dalam menentukan besarnya anggaran dalam penyelemggaraan (peremcanaan, pembangunan,pemeliharaan) bangunan pemerintah. mohon petunjuknya, analisis apa yang dpat saya pakai dan tahap2nya?jika saya memggunakan analiis faktor dlm penelitian saya, apa perlu dilengkapi metode lain yang spesifik? Jawaban Bapak saya tunggu secepatnya.

  42. ass mas…smoga masih ingat aq lilik angk 40 yg sama2 jg di sosial, salut banget mas blognya, wah hebat…., beberapa kali aq jadikan referensi to tugas2, kebetulan nih lg di unpad,klo boleh usul mas tambahin pembahasannya tentang stokastik dan teori statistiknya ya, oya bisa tdk konsultasi lwt email pribadi mas?trimakasih banyak ya mas , semoga sukses
    wass

    1. Wassalamualaikum Salam Lik, terima kasih tuk kunjungannya. Konsultasi pribadi (tepatnya diskusi kali ya) silakan aja ke email suryana@bps.go.id. Mengenai topik stokastik semoga bisa diupload di waktu mendatang.

  43. kang suryana bisa minta tolong ada materi tentang analisis diskriminan meminimumkan kesalahan klasifikasi yang lengkap, terima kasih sebelumnya

  44. Dear Mr Suryana,

    Wah blok anda menarik pa Suryana. saya ingin memperkenalkan diri nama saya yosep AIS angkatan 36 saya mungkin akan belajar membuat bloq juga kedepan sambil belajar dan bisa bertukar informasi lulus STIS tahun 2002. Master saya di International development Economics dengan pendekatan econometrics. Saya sedang mencoba mempelajari bayesian analysis. Kalau pak suryana punya e-book bisa minta dikirim nih

    best regards

    1. @ Mas Yosep: salam kenal mas, pastinya kita saling tahu karena kita pernah bertemu di kampus tercinta STIS. Soal e-book, ada Mas Yosep. Ada 150 judul yang bisa dibaca. Tapi, untuk kemudahannya, silakan hubungi mas Catur di Lampung, kumpulan e-book statistik di beliau mungkin lebih lengkap.

  45. Assalamualikum pak… apa kabar? saya doa kan bapak sekeluarga sehat walafiat…
    oy pak, saya ingin mengucapakan selamat menjalankan ibadah puasa…. mohon maaf lahir dan batin ya pak….
    sukses selalu buat bapak

  46. selamat siang pak suryana.. apa kabar?
    maaf menggangu lagi… ada yang ingin saya tanyakan.. sebenernya cukup basic sekali dan sifatnya filosofi…
    kenapa penduga MCD kinerjanya dangan meminimumkan determinan matriks covaraiant? dengan meminimumkan determinannya, apa sebenarnya kaitannya dengan komponen utama?
    dalam algoritma AKU (ANALISIS KOMPONEN UTAMA) setau saya tidak ada kaitannya dengan nilai determinan suatu matriks covariant
    terima kasih…
    mohon bantuannya ya pak
    selamat siang

    1. @ Yani: Secara filosofi, analisis komponen utama mendekomposisi matrik varians kovarians. Coba merefer ke bukunya Johnson. Meski tidak diuraikan secara teori tetapi dalam bab PCA di sana diuraikan penaksiran nilai eigen dari matrik varians kovarians. Masalahnya adalah ketika data mengandung data outlier, estimasi matrik varians kovarians dengan MLE lemah karena permasalahan nilai breakdownpointnya. Satu saja nilai outlier terkandung dalam data akan mengakibatkan nilai eigen menuju tak hingga.
      MCD mencoba mengatasi kelemahan estimasi matrik varians kovarians dengan MLE agar ada tidak ada outlier estimasi nilai eigen lebih stabil. Demikian, terima kasih.

      1. iya pak, saya juga sudah membacanya… mungkin saya belum nangkap saja apa maksud dalam buku johnson. Tapi yang masih saya bingungkan kenapa kinerja MCD adalah dengan ” meminimumkan determinana”, kenapa harus diminimumkan? filosofinya apa? terima kasih pak… maaf jadi merepotkan bapak lagi

      2. @ Yani: MCD merupakan perbaikan dari metode sebelumnya yaitu Minimum Volume Ellipsoids (MVE). Secara filosofi data dikatakan normal jika berada dalam bangun ellipsoid. Salah satu unsur yang membangun volume ellipsoids adalah determinan dari matrik varians kovarians. Sekali lagi coba rujuk bukunya Johnson yang membahas mengenai volume ellipsoid yang dihitung dari determinan matrik varians kovarians…… (maaf ingat materinya gak ingat rumusnya). Dengan meminimumkan determinan akan dihasilkan volume ellipsoids yang minimum juga. Dengan demikian, tidak banyak outlier yang akan disertakan dalam analisis karena secara posisinya berada di luar bangun ellipsoids tadi. Demikian.

      3. oh gitu ya pak…
        alhamdulilah ada pencerahan juga heheheh..
        soalnya saya bingung pak….
        thx banget ya pak udah ngejelasin ke saya
        selalu sukses buat bapak

      4. oh gitu ya pak…
        alhamdulilah ada pencerahan juga heheheh…soalnya saya bingung pak….
        thx banget ya pak udah ngejelasin ke saya and
        selalu sukses buat bapak

        oya pak ada lagi… kalo proporsi pencilan dalam peubah ganda diperbesar katakan 5% menjadi 20% imbas yang akan kita dapatkan dengan metode MLE adalah eigen value-nya akan terus meningkat..atau tidak stabil…sejalan dengan peningkatan prooprsi pencilan.Dengan ketidakstabilan ini dampak apa yang akan kita peroleh? selain keragaman dari komponen utama yang pertama lebih didominiasi oleh data pencilan atau tidak mengcover data pada umumnya…
        terima kasih… maaf jadi banyak nanya….

  47. Mas Sur, minta tolong dong kasih tahu cara penghitungan mencari angka harapan hidup, kalau punya softfilenya kirimin dong!!!
    thanks atas bantuannya.

  48. Assalamu”alaikum
    hallo mas suryana, saya nardi angkatan ke-2 its-bps.
    saya dengar mas suryana jadi salah satu kasi di bidang sosial khan, saya mau nanya bagaimana menghitung angka harapan hidup pake data susenas. saya ada program mortpack tapi kagak bisa jalaninnya. thanks atas bantuannya.

  49. Assalamualakium pak.. selamat malam pak maaf menggangu lagi, anjuran bapak sudah saya cobakan dengan menambahlan proc IML pada program syntak tersebut akhirnya perogram tersbut bisa dijalankan.. tapi saya ada macronya sendiri hasil dari browsing bapak bisa melink

    http://euclid.psych.yorku.ca/ftp/sas/macros/robcov.sas

    tapi sayang pak, saya masih ga ngeti cara mengrun dengan macro ini.. kira-kira bapak bisa bantu???
    terima kasih
    and sukses teruz buat bapak
    semangat….

  50. assalamualkum pak suryana selamat siang…
    maaf pak saya tadi baru membalas emal bapak…
    soalnya dah hampir 2 mingguna saya modem saya ga bisa kepake…
    oy pak saya ada macro sas untuk robcov tapi saya masih bingung gimana cara negrun nya… soalnya selama di perkuliahan saya tidak pernah menggunakan macro sas tapi yang pernah diajarkan mungkin sebatas proc iml,glm atau anova…
    kira-kira bapak bisa mengruning macro sas? thx..
    oy pak ini link macronya

    http://math.yorku.ca/SCS/sasmac/robcov.html

    1. Kamu buka saja helpnya sas, cari dengan kata kunci “MCD,” habis gitu ubah bagian datanya sesuai data yang mau diolah. That’s it!

  51. Assalaamu’alaikum,
    Mas Suryana, selamat ya bisa menerapkan & membagi ilmunya.
    Kita satu almamater di STIS.
    Terimakasih blognya, bisa untuk belajar lagi.
    ^_^

  52. buat mbak anie….
    saya ada jurnal yang mbak cari, kl mau saya bisa kirim ke email mbak, pa email mbak yang ada di atas itu???

    1. maaf baru balas… iya mbak email saya yang diatas…thx bgt ya mbak… alhamduliah akhirnya ada yang bentu juga
      buat mbak khusnul semangat ya

  53. M-estiamte dikembangkan 0leh Maronna. Detil tentang M-estimate ada pada buku Robust Statistics karangan Maronna dkk. Kalau Anie berminat dengan bukunya, akan saya kirimkan via pos. Tolong berikan alamat lengkapnya via email suryana@bps.go.id.

    Kalau MCD lebih banyak merujuk pada journalnya Rousseeuw. Sedang MWCD digagas oleh Roelant. Kebetulan Thesis Saya membandingkan kinerja analisis diskriminan dengan menggunakan mcd dan mwcd. Tks.

  54. Assalamualikum..pak suryana apakabar? hopefull bapak baek-baek aja. saya mau tanya nih pak, sebenarnya penggunaan m-estimate untuk menduga covarian, tekiknya seperti apa? soalnya jurnal dan buku-buku yang saya baca rata-rata m-estimate digunkan untuk parameter Beta pada regresi… nah bapak bisa bantuib saya engga untuk mengejelasin perbedaan pendugaan covarian untuk m-estimate atau s-estimate. terimakasih..kalo bapak punya link situsnya boleh juga hehehehehe.
    oya pak ada lagi yang saya mau tanya, sumber referensi untuk metode MCD dan MWCD dari mana ya pak?
    makasih maaf kebanyakan nanya…

    Semangat buat bapak…

  55. assalamu’alaikaum mas…
    salam knal saya rahmat…
    mas surya bisa ngasih contoh penerapan ilmu statistik dalam ekonomi ga mas??
    trimakasih mas..
    assalamu’alikum

    1. Salam kenal balik Mas Rahmat…
      Untuk pertanyaannya, Contoh yang paling dekat dengan kehidupan kita adalah soal perubahan harga-harga. Ilmu Statistik diterapkan pada kasus itu, muncullah perhitungan indeks harga konsumen. Perubahan indeks harga konsumen akan menghasilkan inflasi (kalau terjadi kenaikan) atau deflasi (kalau terjadi penurunan). Kalau indeks harga konsumen diamati dalam jangka waktu yang relatif lama maka kita kan menerapkan ilmu statistik berupa pemodelan time series dan seterusnya. Semoga Rahmat bisa menemukan contoh lain penerapan ilmu statistik dalam bidang ekonomi. Demikian, terima kasih tuk silaturrahminya.

  56. Salam kenal pak,
    terima kasih ya pak artikel-artikel yang bapak publish di blog bapak…bener-bener bermanfaat…pokoke keren bgt sip buat bapak
    thx a lot ya pak
    -tetep semangat-

      1. iya pak sama-sama….
        semangat buat bapak
        moga informasi yang bapak share ke kami dapat bermanfaat buat calon ilmuan mendatang amin….

        wishfull the best

  57. Blog yang luar biasa; sangat bermanfaat sekali mas. Great jobs. Beneran.

    Saya dapat belajar statistik melalui statistika terapan ini. Dan yang lebih mantab, saya merasa belum bisa apa-apa nih. Terutama dibidang amal jariah seperti ini.

    Sukses mas Suryana. Insya Allah akan menjadi amal jariah. Tetap sehat dan makin mantab serta SELALU MENCERAHKAN. Amin.

    Thanks berat ya

  58. saya sangat tertarik dengan metode quick count?sebenarnya seberapa validnya quick count tsb?trus mengapa banyak pihak yang bilang kalau sebenarnya quick count belum bisa 100% untuk dipercaya?makasieh sebelumnya

    1. To Gusti Ayu …. Metode Quick Count sebenarnya metode estimasi biasa seperti estimasi proporsi. Ketepatan suatu metode estimasi sangat bergantung pada presisi yang ditetapkan pada saat penentuan sampel TPS yang berakibat pada besaran sampel TPS yang terpilih. Selain itu, sebaran atau distribusi sampel TPS juga sangat menentukan mengingat basis masa partai di Indonesia tidak homogen. Cara paling gampang menentukan Lembaga Survei mana yang metode Qiuck countnya paling tepat adalah dengan membandingkan hasil akhir penghitungan KPU sebagai parameter populasi dan hasil penghitungan lembaga survei sebagai estimasi statistiknya. Selisih yang paling kecil dari kedua hasil penghitungan tersebut menunjukkan presisi yang paling baik. Jadi, Quick Count di mata statistisi bukan hanya siapa pemenangnya tetapi seberapa besar presisi dari estimasi perolehan suara yang dihasilkan. Demikian.

  59. Slamat sore Pak Suryana…

    mohon bantuannya…

    Bapak punya buku β€œRobust Statistics” karangan Marona y???

    Bapak bs bantu saya, saya sedang menjalani skripsi…

    kebetulan saya sedang mencari bahan tentang S-estimator dan M-estimator…

    Bapak punya referensi robust covariance estimator dengan:
    S-estimator & M-Estimator khan???

    Bs kirimkan ke saya ga Pak???

    email saya: nelly_dpofc@yahoo.com

    trims sebelumnya ya Pak…

    1. Kebetulan Saya punya softcopynya. Tapi maaf, belum bisa dikirimkan karena Saya masih di luar kota. Insya Alloh, kalau sudah kembali ke Manokwari, Saya sempatkankan diri tuk kirim.

  60. Ass. wah seneng rasanya dapet kakak kelas yang bersedia bagi2 ilmu ke adek2nya. oh iya kang, kadang2 pemda minta kita (BPS) ramal pertumbuhan ekonomi sampai 5 tahun kedepan. kira2 ada saran gak cara menghitungnya karena data series yang kita punya cuma 6 tahun (misalnya) Terima kasih banyak sebelumnya atas pencerahannya

    1. Walaikum salam. Salam kenal juga. Rahmat angkatan berapa dan penempatan mana?
      Untuk pemodelan pertumbuhan ekonomi menurut saya tidak bisa hanya mengandalkan univariat saja. Apalagi seriesnya hanya 6 tahun yang artinya hanya enam data yang dimiliki. Meski demikian, Prof Nur Iriawan (ITS), berhasil membuat model peramalan dengan hanya empat data saja. Hasilnya bisa dimanfaatkan hingga sekarang (lihat grafik WYSIG yang ada di koran kompas untuk mengamati pergerakan saham). Cuma detail prosesnya masih harus berguru ke beliau.

  61. salam kenal
    nama saya hafizd. setelah membaca wordpress anda, saya jadi tertarik untuk belajar lebih dalam mengenai statistik. apakah bapak membuka les statistik? atau jika boleh, saya ingin bermain kerumah bapak, agar bisa belajar banyak tentang statistik. saya ingin sekali mahir dalam data analysist.meskipun saya bukan berasal dari statistik, tapi tugas akhir saya banyak bersentuhan dengan statistik. dari sini saya belajar, bahwa statistik sangat penting untuk diterapkan tidak hanya dalam penelitian tapi juga dalam pengambilan keputusan. ini nomor hp saya 081218551819. jika tidak keberatan, bapak bisa memabalasnya ke alamat email saya: apeace_yakusa@yahoo.com. terima kasih

  62. Assalamu alaikum pak

    Semoga masih ingat ma saya
    Alumni ITS juga, tapi dari kelas reguler
    Aga kareba pak? Masih suka makan coto kan? hehehe

    Wah, saya telat dapat site ini, padahal dah dari dulu searching blog statistik, ternyata ada yg temen sendiri

    Di kampus sy kebetulan belum ada jurusan statistik, tapi karena sy satu2nya yg dr statistik, semua matakuliah yg berhubungan dengan statistik di kasih ke saya. Masalahnya yg diajar bukan org statistik, kadang-kadang jd bingung memakai istilah2 yg terlalu teoritis seperti yg diperoleh waktu kuliah dulu….seperti derajat bebas, alfa, daerah kritis….dsb, ada saran ga pak?

    Ato gini deh, mungkin sy menjelaskan ke mhswnya terlalu teoritis kali ya, pak suryana bisa ga kasih saran topik2 statistik yg dasaaar banget, yg mungkin bisa dipahami oleh yg awam statistik?

    Oya, pak suryana kayaknya perlu tau juga kalo mhsw disini itu kebanyakan adalah hasil saringan dari univ. di makassar (maksudnya yg ga ketrima di univ. di mks, jadinya kuliah disini….hehehe) trus, sy juga ada mhsw yg staf di BPS kabupaten, tapi kok ga ngerti alfa ya..??

    thanks

  63. Halo, kang Suryana.. Lama tidak bertemu. Dulu jadi adik kelas di STIS, sekarang jadi adik kelas (lagi) di ITS. Nice blog. Bisa posting tentang Stokastik ndak? Saya agak bingung.

    Bisa konsul via email ga? Apa emailnya? Coz saya lagi bingung memilih Analisis Bayesian atau Time Series.

    Thanx..

  64. ass. wr.wb
    salah kenal mas.. saya lihat n baca profil mas surya. salut untuk mas surya. saya ingin belajar lebih dari mas surya. meskipun dengan ilmu yang sedikit saya berusaha membuat blog tentang statistika. sangat jauh dari memuaskan. mohon kritik dari mas surya. JAZZ…
    wassalam

  65. aslm. wr. wb.
    saya harsa salah mhasiswa psikologi.

    bisa tolong dijelaskan tentang penerapan ilmu statistika dalam psikologi!?

    terima kasih sebelumnya.

  66. Aswrwb…
    gimana kabarnya sur?
    wah… bloganya bagus banget sur, n moga banyak membantu temen-temen yang membutuhkan informasi statistik terkini. Usulan saya gimana kalo ditampilin juga abstrak tesis temen-temen ITS, siapa tau ada yang lagi nulis n ngembangin tentang tema serupa…

  67. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Gimana kabarnya? saya sangat senang melihat website ini, isinya cukup lengkap, kalo boleh usul tolong tambain metode stat. lainnya seperti analisis log linier, logistik, path analysis dan mungkin yang lainnya biar tambah lengkap. semoga sukses selalu.thanks.

    1. Wa ‘alaikum Salam,

      Lama tidak mendengar Arif. Kabar Saya Alhamdulillah baik. Bagaimana kabar Arif dan keluarga? Semoga Baik juga.

      Mengenai usulannya Insya Alloh ke arah sana juga. Supaya lebih konkrit, Saya mengundang Arif dan teman-teman lain tuk sharing pengetahuan statistiknya. Silakan mengirimkan file lengkap dengan identitas ke suryana@bps.go.id. Terima kasih.

  68. assalamualaikum wr wb.

    sakam kenal mas.
    saya hendrawan toni, stis angkatan 2001.
    eh boleh kenalin detail mas surya. saya naru sekilas membaca, lain kali saya coba kunjungi blog ini. trus penempatan dimana skarang?
    mhn bales lah…

  69. Waalaikum salam…

    Salam kenal juga, Rahman Angkatan Berapa?
    Apa nama blognya? Biar Saya Buatkan Link ke Blog Rahman… Titip juga blog Saya di link di blog Rahman…

    Dengan menulis, insya Alloh kita bisa lebih memahami makna statistik…. So, menulislah!!!

  70. Assalamu’alaikum WW
    Salam Kenal sebelumnya, nama ane Abdurrahman. ane panggil Mas Suryana saja y, karena saya adik tingkat.
    Senang punya senior yang pinter mau berbagi ilmu dan punya kegemaran yang sama dengan ane dalam hal blogging.
    Terus terang ane baru saja belajar bikin blog, masih sangat sederhana dan kurang menarik. Isinya pun masih asal – asalan. Niatnya menulis tentang aplikasi statistik dalam kehidupan sehari – hari.
    Please visit my blog and give me advices to build up my blog good.
    I hope we can discuss about statistics each other.

  71. Terima kasih untuk kunjunganna ke website kami. Covariance sendiri dinyatakan dalam bentuk matrik. Saya memiliki buku “Robust Statistics” karangan Marona. Bukunya terbilang baru terbit dan banyak mengulas tentang statistik robust. Marona sendiri penggagas estimasi covariansi robust dengan metode yang di sebut M-estimator. Semua pembahasan robust covariance pasti berhubungan dengan matrik.
    Saya memiliki referensi robust covariance estimator dengan:
    1. S-estimator
    2. MCD-estimator
    3. M-Estimator
    4. MWCD-estimator
    5. MVE-estimator

    Thesis Saya menerapkan MCD-estimator dan MWCD-estimator dalam Analisis Diskriminan. Kedua Covariance Estimator tersebut bisa diaplikasikan di koresponden analisis untuk menjadikan koresponden analisis robust terhadap kehadiran data outlier.

    Keseluruhan referensi estimator robust khususnya estinator untuk covariance kurang lebih satu CD. Jika Tina mau, Saya bisa kirimkan. Posisi Saya ada di Manokwari, Papua Barat. Tolong kirimkan alamatnya, terima kasih.

  72. Saya lagi mulai nyusun tesis, saat ini saya kuliah di MTK IPB. Tesis saya diarahkan oleh pembimbing tentang Corespondensi Analysis, minggu depan saya harus mempresentasikan Robust Covariance, help me… anda punya ga bahan tentang Robust Covariance ? saya cari di internet, selalu hubungannya dengan matix. ditunggu balasannya,Thanks

  73. Salam kenal juga. Semakin banyak insan yang membagi ilmu moga bangsa kita makin banyak yang ikhlas menjadi faham. Dalam hal ini, statistiknya jadi tambah berkembang dan makin banyak orang yang tahu… Amin

  74. Salam kenal, ane Abdul Aziz Nurussadad..
    Mahasiswa Statistika IPB…
    Baru aja masuk belajar Statistika di Semester ini….

    di Blog ane, ane menulis tentang kuliah ane, kopipes dari materi kuliah yang dikasih doen ane… Karena ane benar2 baru belajar Statistika..

    Mohon kritik dan sarannya…

  75. Apa kabar? Salam buat kawan2 dari STIS yang lagi belajar di ITS ya…
    Saya sedang mencari referensi tentang menghitung rata-rata pertumbuhan ekonomi (lima tahunan), Bisa gak dijelasin mengenai metode2 yang bisa digunakan untuk menghitung rata-rata pertumbuhan ekonomi, kekurangan dan kelebihan masing2 metode bagaimana ?Terima kasih banyak sebelumnya. Secepatnya ditunggu balasannya, kalo bisa ke email aja ya

  76. salam kenal,
    bisakah saya mendapatkan referensi tentang segala sesuatu tentang analisis multivariat, metode-metodenya, dan cara penggunaannya.. terima kasih, kalo ada boleh di kirimkan referensinya via email
    terima kasih sebelum dan sesudahnya

  77. Terima kasih tuk kunjungan Dewi Kurnia Sari. Bursa saham senantiasa berubah. Perubahan bursa saham sangat cepat mungkin dalam hitungan detik harga saham tertentu bisa berubah. Dewi bisa memanfaatkan analisis time series untuk mengamati perubahan bursa saham. Tentunya dengan menyesuaikan dengan sifat-sifat bursa saham, kita dapat mencari model terbaik yang bisa digunakan untuk mengamati pergerakan harga saham di waktu mendatang. Detile pembahasan ini, bisa ditemukan di buku-buku stokastik atau time series atau yang lebih khusus membahas statistik bursa saham atau keuangan.

    Analisis konjoin (Conjoint analysis) merupakan salah satu metode multivariat yang digunakan untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap produk yang ditawarkan atau yang akan ditawarkan. Sebagai contoh, operator seluler ada telkomsel, indosat, xlindo, friend, dll. Jika kita ingin mengetahui preferensi konsumen dalam memilih jenis kartu yang digunakan kita bisa menggunakan analisis konjoin. Tentukan faktor apa yang menyebabkan konsumen lebih suka terhadap kartu tertentu. Misal faktor harga telpon, jernih suara, harga sms, dll. Misalnya harga sms ada yang 88, 40, 99, 150, atau 350. Jernih suara ada yang jernih dan tidak jernih. Harga telpon ada 1200, 240, 600. Kemudian, kepada beberapa konsumen ditawarkan beragam karakteristik kartu tadi. Dari jawaban konsumen kita dapat mengambil kesimpulan konsumen lebih tertarik menggunakan kartu tertentu karena misalnya harga smsnya murah, harga telponnya murah, suara jernih. Kesimpulan itu didapat dari analisis konjoin.

    Jika Dewi memerlukan referensi conjoint analysis, silakan hubungi penulis via email. Demikian, Terima kasih.

  78. bisa beri contoh penerapan statistika dalam bidang ekonomi, khususnya bursa saham???
    apa yang dimaksud dengan analisis kojoin?
    terima kasih sbelumnya…

  79. Salam kenal kembali. Senang rasanya mendapatkan teman diskusi seperti Mas Arif. Saya yakin, Mas Arif mengerti banyak tentang statistika.

    Statistika lebih tepat jika dikatakan selain ilmu juga seni dalam sebuah proses pemecahan masalah yang didasarkan pada data. Manusia sesungguhnya telah diberi insting atau naluri. Dengan statistika melalui probabilitasnya atau stokastiknya insting dan naluri itu direalisasikan melalui sejumlah bukti empiris. Dengan demikian setiap pemecahan masalah, kesalahan pengambilan keputusan dapat diminimalkan.

    Permasalah yang akan diselesaikan dapat ditemui hampir disemua bidang kehidupan. Sebagai contoh, saat pemilihan presiden, pemilihan gubernur atau pemilihan bupati/walikota peran ‘Quick Count’ meningkat. Hampir dipastikan di mana ada Pilpres atau Pilkada di situ ada ‘Quick Count’-nya. Quick Count adalah salah satu terapan statistik dalam politik. Sampai saat ini, ketepatan Quick Count masih bisa dipertanggung jawabkan.

    Contoh lain, pergerakan bursa saham yang sepertinya acak telah dipelajari dalam statistika pasar modal. Sifat ‘stokastik’ yang melekat pada pergerakan harga saham menarik untuk dikaji. Dengan kajian stokastik, ketidakteraturan itu ternyata mengandung keteraturan juga. Kita mengenal gerak Brownian, Random Walk, dll.

    Begitu juga dengan perkembangan manusia sendiri. Jumlah dan komposisi penduduk menjadi kajian statistik tersendiri. Kita mengenalnya melalui ‘Demografi’. Tanpa statistik, demografi tidak akan berkembang seperti saat ini. Setiap 10 tahun, Badan Pusat Statistik (BPS) melakukan sensus penduduk. Perkembangan penduduk tiap tahunnya dipantau melalui survei-survei tahunan seperti SUSENAS, SDKI, SKRT, dll.

    Saat ini, eksplorasi data menarik minat siapa saja yang bergelut dengan data. Kita mengenalnya melalui ‘Data Mining’. Dengan adanya Data Mining, Statistika tidak lagi hanya diturunkan melalui ‘Theory Driven’ tetapi ‘Data Driven’. Biarkan data memberi informasi apa saja kepada kita. Statistika tidak saja berkutat di penurunan rumus saja tetapi sudah berkembang pesat hingga kita mengenal jaringan syaraf tiruan, Fuzzy, SVM, Regresi Non Parametrik, dll.

    Mudah-mudahan, dengan contoh-contoh di atas dapat mewakili terapan statistik di bidang kehidupan lainnya.

  80. Salam kenal,
    bisakah diberi contoh penerapan aplikasi untuk berbagai bidang? misalnya
    # penerapan statistika dalam bidang asuransi
    # Biostatistika atau biometrika (penerapan statistika dalam ilmu biologi)
    # Statistika bisnis
    # Ekonometrika
    # Psikometrika
    # Statistika sosial
    # Statistika teknik atau teknometrika
    # Fisika statistik
    # Demografi
    # Eksplorasi data (pengenalan pola)
    # Literasi statistik
    # Analisis proses dan kemometrika (untuk analisis data kimia analis dan teknik kimia)

    atau mungkin penerapan metode statistika dalam berbagai bidang.

    Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s