Statistik Resmi: Produk Utama BPS

Produk utama Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai kantor statistik resmi adalah statistik resmi. Apa sih bedanya statistik resmi dan statistik tidak resmi ?

Statistik resmi adalah statistik yang adalah statistik yang diproduksi menurut standar kualitas yang ketat dan dirilis oleh lembaga pemerintah atau organisasi internasional kepada publik. Secara ringkas, mengenali statistik resmi bisa diidentifikasi dari jawaban atas pertanyaan what, who, dan how. Statistik resmi mampu menggambarkan fenomena sosial, ekonomi, demografi dan lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan pengguna data (what) dan melalui tahapan produksi dengan pengendalian kualitas secara ketat (How) dan dilakukan oleh sumber daya yang memenuhi standar profesional serta dirilis oleh kantor resmi atau lembaga dunia yang diakui (Who).

Ada tiga kriteria agar statistik yang dihasilkan suatu lembaga menjadi statistik resmi. Pertama terkait aspek kualitas. Semua statistik yang diproduksi oleh lembaga pemerintah dan organisasi internasional harus memenuhi standar kualitas yang diperlukan untuk dianggap statistik resmi. Kedua, terkait dengan siapa yang merilis statistik resmi. Perusahaan atau universitas mungkin terlibat dalam produksi statistik resmi tetapi pihak yang berwenang mempublikasikannya adalah pemerintah atau organisasi internasional. Ketiga, terkait dengan akses publik. Statistik resmi adalah barang publik. Karena itu, semua kalangan mempunyai hak akses yang sama untuk dapat memperoleh dan memanfaatkan statistik resmi.

Ngomong-ngomong soal standar kualitas, statistik resmi merefer ke mana? Ada 10 prinsip dasar statistik resmi yang dirilis PBB (United Nation Fundamental Principles of Official Statistics). Kesepuluh prinsip dasar statistik resmi PBB itu adalah: 1. Relevance, Impartiality and Equal Access; 2. Professional Standards and Ethics; 3. Accountability and Transparency; 4. Prevention of Misuse; 5. Sources for Official Statistics; 6. Confidentiality; 7. Legislation; 8. National Coordination; 9. Use of International Standards; 10. International Cooperation. Pembahasan detil setiap prinsip mendasar statistik resmi dari PBB akan menjadi bahasan tersendiri.

Kebayang kan bagaiman effort yang harus dikerahkan BPS untuk menghasilkan statistik resmi? BPS harus memproduksi statistik yang relevan dengan kebutuhan pengguna, tidak boleh memihak dan memberi akses yang sama kepada semua pengguna. BPS juga harus memastikan insan statistik yang terlibat dalam produksi statistik resmi harus memenuhi standar profesional dan patuh pada kode etik. Seluruh proses bisnis yang dilaksanakan BPS harus transparan dan dapat dipertanggung jawabkan. BPS juga harus mencegah penyalahgunaan statistik resmi serta mencegah salah interpretasi statistik resmi. BPS juga dapat memanfaatkan berbagai sumber data yang dapat digunakan sebagai input untuk statistik resmi. Di sisi lain, BPS wajib menjaga kerahasiaan responden. Tidak lupa, BPS bekerja harus berpayung hukum. BPS juga berperan sebagai koordinator penyelenggaraan statistik nasional. BPS wajib menggunakan standar internasional dalam hal konsep, definisi, klasifikasi, pengukuran dan satuannya. BPS harus bekerjasama di level internasional.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s