Redefinisi Data dan Statistik

Arti data yang ditemukan dalam Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik sangat sempit. Data diartikan sebagai informasi yang berupa angka tentang karakteristik (ciri-ciri khusus) suatu populasi. Padahal ragam data terkini tidak hanya berwujud angka.

Data bermetamorfosa dalam berbagai bentuk di era digital sekarang ini. Rekam jejak digital berupa gambar, suara, dan peta lokasi adalah data. Demikian juga dengan beragam informasi yang ditangkap oleh sensing device adalah data. Informasi pelanggar lalu lintas yang tertangkap camera ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) adalah salah satu contohnya.

Menurut Merriam-Webster Dictionary, pengertian data adalah:

  1.  factual information (such as measurements or statistics) used as a basis for reasoning, discussion, or calculation
  2. information in digital form that can be transmitted or processed
  3. information output by a sensing device or organ that includes both useful and irrelevant or redundant information and must be processed to be meaningful

Sampai titik ini, data adalah bahan baku. Dibutuhkan pengelolaan data untuk menjadikan data sebagai sesuatu yang bermanfaat dan berdaya guna. Every organization is collecting and using data to develop knowledge and intelligence that will help people make informed decisions, and to track the implementation of their decisions (Lind, Marchal dan Wathen, 2015).

Statistik menjadi alat penting yang menjembatani antara data dan pengambilan keputusan. Anderson dan Finn (1918), dalam buku “The New Statistical Analysis of Data” yang kembali dicetak pada tahun 1996, memaknai statistik sebagai “making sense out of figures“. Lebih lanjut mereka menerangkan, statistik itu sesungguhnya metodologi yang telah dikembangkan oleh ilmuan dan matematikawan untuk memberi interpretasi dan penarikan kesimpulan dari data. Lengkapnya, statistik adalah metodologi untuk pengumpulan, analisis, interpretasi dan penarikan kesimpulan dari informasi berbentuk angka-angka (numerical).

Tibalah pada saat untuk menyimpulkan ameliorasi data dan statistik. Data bukan hanya angka. Semua informasi faktual termasuk gambar, suara, peta yang dikumpulkan bukan saja dengan cara tradisional termasuk catatan digital pada web dan media sosial serta melalui alat perekaman adalah data. Pengelolaan data mulai dari pengumpulan sampai dengan penarikan kesimpulannya membutuhkan statistik. Sebaik-baik statistik adalah statistik yang mampu mendukung dalam pengambilan keputusan sehingga keputusan itu bersifat informed decisions.

2 Comments

  1. Maaf kak, izin bertanya, saya sering mendengar istilah ‘statistik’ dan ‘statistika’, apa perbedaan kedua istilah tersebut? Terima kasih.

    1. Terima kasih untuk kunjungannya di blog statistikaterapan.com. Dalam padanan Bahasa Indonesia, Statistika merujuk pada ilmu statistik sementara statistik merujuk pada data berupa angka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s