MENGOLAH ANALISIS KONJOIN DENGAN SPSS 15

Analisis konjoin adalah sebuah teknik guna mengukur preferensi konsumen terhadap atribut (spesifikasi atau fitur) sebuah produk atau jasa. Analisis konjoin berdasarkan pada subjektifitas konsumen terhadap beberapa kombinasi fitur yang ditawarkan. Subjektifitas konsumen ini diukur melalui peringkat (rank) atau skore (skala likert). Hasil analisis konjoin berupa informasi kuantitatif yang dapat memodelkanpreferensi konsumen untuk beberapa kombinasi fitur produk.

Analisis konjoin terdiri dari beberapa tahap. Pertama, memilih beberapa kombinasi atribut dan level dari masing‐masing atribut. Selanjutnya, kombinasi atribut ini diberi peringkat oleh beberapa responden (konsumen). Terakhir, analisis terhadap penilaian responden dilakukan untuk mengetahui preferensi konsumen.

SPSS 15 menggunakan pendekatan full‐profile di mana peringkat dari kombinasi produk ditentukan oleh level dari semua faktor tertentu. Masalahnya adalah meskipun telah dengan sangat selektif dipilih kombinasi fitur produk yang paling berpotensi tetapi jumlah kombinasi yang dihasilkan sangat banyak. Jika ada 4 faktor dengan 3 level akan menghasilkan 81 kombinasi produk (3x3x3x3). Seorang konsumen akan kesulitan memberi peringkat dari ke‐81 kombinasi produk tersebut selain membutuhkan waktu yang relatif lama.

Baca Selengkapnya di mengolah-analisis-konjoin-dengan-spss-15.

1 Comment

  1. aslm
    maksih banyak pa,
    file ini berguna bgt bgi saya yg baru mengenal analisi konjoin.

    sy mau tanya, sy anak teknik manajmn industri, n rencanana mau ngambil analisi konjoin, kira2 bpk punya referensi ga untuk pemula sprt saya,

    bales secepatnya. makasih banyak
    rezQ

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s