Hello Statistician!

Bismillah, dengan mengagungkan asma Alloh, blog statistikaterapan.wordpress.com telah diupgrade menjadi statistikaterapan.com. Semoga wajah baru “Statistika Terapan” ini menjadi pemicu bagi penulis untuk lebih banyak lagi beramal jariyah berupa ilmu yang bermanfaat khususnya terkait ilmu statistika terapan.

Salam,

Suryana.

19 Comments

  1. Assalammualaikum wr. wb. Bapak saya Rinda Fitriani mahasiswa STIS Jakarta tingkat 4 yang akan menyusun skripsi sebagai tugas akhir. Saya sangat tertarik dengan outlier khususnya pada RLB dengan estimasi OLS. Saya sudah banyak membaca jurnal dan artikel terkait outlier, kemudian saya mendapati jika outlier dalam RLB ada 3 tipe yaitu leverage (in X-space), residual, atau keduanya. Kemudian dari masing-masing tersebut ada cara/metode deteksinya masing2. Tetapi sejauh yang saya baca semua diatasi dengan robust tanpa spesifikasi tipe tsb. Kemudian, muncul pertanyaan dari pemikiran saya ingin mengangkat topik tersebut dalam skripsi saya, tentang solusi 3 jenis outlier tersebut. Misal dengan satu metode robust untuk 3 kasus tersebut kemudian bagaimana efisiensi atau efektivitasnya. Menurut bapak bagaimana dengan ide saya tersebut? mohon bimbingan dan masukannya. Jika Bapak berkenan saya ingin berdiskusi banyak tentang hal ini, terima kasih.

  2. Saya dapat info kalau bang suryana ada blog stat trapanx, eh skrg baru ketemu. Sepertinya sangat menarik, ijin share ya…
    Btw.. masih di papua kah ?!
    (Parsad Pamungkas, STIS 40, MEP UGM 2011)

  3. asswrwb.Salam kenal Pak/ mas suryana,
    perkenalkan saya seorang staff di sebuah PTS dibatam. dlm pekerjaan saya ini, saya menemukan banyak fenomena pengolahan data yang berlawanan dengan teori statistika yg pernah saya dapatkan (saya juga lulusan statistika tapi udah agak2 lupa hehe..)
    Ssya ingin sekali sharing dengan pak suryana. Jika anda berkenan, dengan segera akan saya kirim via email (supaya lebih jelas). Sebelumnya terima kasih banyak,
    wass wr.wb.

  4. Salam kenal pa’ / mas suryana, saya siswa SPS Statistika IPB ’09, blognya menarik, semoga banyak ilmu yang bisa saya ambil dan kedepan bisa saling sharing.
    Btw profil pa suryana kok tidak ditampilkan ?
    Trims.

    1. @fuji: salam kenal balik. Terima kasih tuk kunjungannya. Mengenai profil Saya sudah saya cantumkan di tab Tentangku. Email saya di suryana_sst@bps.go.id. Sewaktu Di ITS, kami mendapat materi Probabilita, Stokastik, Time Series, Experimental Design, Data Analisis, Multivariat Analysis, Regresi non Parametrik dan Analisis Data Kategorik.

  5. Waalaikum salam dari STIS 39. Syukur deh kalau site ini ada manfaatnya. Saya penempatan Papua Barat, Mau Gabung…. Ditunggu apply ke papua baratnya!!!

    Papua Barat…. Siapa Takut???

  6. Terima kasih untuk sarannya. Kebetulan untuk data mining dan SEM masih dalam pembelajaran. Saya hanya diberikan contoh oleh dosen pemanfaatan data mining dalam menganalisis data transaksi di Supermarket. Data-data itu dianalisis untuk mengetahui apakah letak posisi produk harus berdekatan ataukah berjauhan. Keunggulan data mining adalah data akan mengungkapkan sesuatu untuk kita bukan kita mencocok-cocokan data dengan teori. Dengan data mining kita dapat menurunkan suatu temuan baru dari fenomena model yang selama ini diasumsikan lebih dulu.

  7. Lebih banyak tulisan tentang implementasi statistik di dunia kerja dong..saya lagi nyari topik-topik tentang data mining dan sem..

  8. Selamat, semoga dikembangkan dan mempunyai jangkauan jaringan statiscian yang lebih luas.
    Saya ikut bangga…
    Thanks atas contoh kasusnya di Molin

    HERI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s