Analisis Diskriminan

Analsis diskriminan merupakan analisis multivariat yang digunakan untuk mengelompokkan objek atau individu dari kelompok yang telah diketahui. Ide dasarnya adalah kombinasi linear dari variabel prediktor.

Dalam bisnis seringkali dibutuhkan aturan untuk membedakan beberapa kelompok. Misalnya, Bank akan berkepentingan untuk membedakan peminjam bermasalah dan peminjam yang sehat. Dengan fungsi diskriminan masalah itu bisa di atasi.

Diskriminan

12 Comments

  1. Pak, saya mau bertanya…
    Untuk analisis diskriminan ini asumsi klasik apa saja ya yang perlu dipenuhi ???
    dan bagaimana cara menguji asumsi2 tersebut..

    Klu di regresi linear berganda kan ada normalitas, uji F, hetero, multiko, dlsb..

    Apakah dalam analisis diskriminan juga terdapat asumsi multikolinearitas?? Bagaimana cara uji nya??

    ‘Makasih pak..

  2. Pak bleh sy tanya?Apkh bisa mengklasifikasi lulusan sekolah (sd,smp,sma,perguruan tinggi) thdap pekerjaan. Memakai analisis diskriminan atau multivariat?Slain regresi?Mohon penjelasannya.Makasih. .

  3. pak mau tanya, kalo model logit dan probit yang meminimalisir kelemahan analisis diskriminan itu yang seperti apa ya? boleh saya minta penjelasannya? terimakasih pak..

    1. Menurut Saya, penggunaan regresi logistik jauh lebih tepat dibanding diskriminan. Sebab, Lina akan banyak menggunakan data kategorik daripada data kontinyu nantinya. terima ksh.

  4. bisa tanya tentang analisis diskriminan meminimumkan kesalahan klasifikasi, punya referensi serta algoritma penghitungan pokoknya yang paling lengkap, makasih atas jawabnnya, tapi bisa di email ke email saya, sekali lagi thanks be 4

    1. @Sari: Trims tuk kunjungannya. Untuk referensi kesalahan klasifikasi, ada catatan tesis saya. Kalau Sdri mau bisa dikirimkan via email.

  5. pak saya mau tanya apakah bisa alat analisis ini untuk membandingkan kualitas pelayanan jasa antara 2 buah bank misanya..makasih atas jawabannya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s